Peta Politik PDIP - Analisis Sosial Cuatan Netizen Twitter

Post a Comment

 

Peta Politik PDIP

Jakarta, CNN Indonesia -- Menko Polhukam Mahfud MD mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo usai dideklarasikan sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Sehingga dalam waktu dekat ini ramai dengan perbincangan bahwa tiba-tiba Mahfud MD menjadi sebagai calon wakil presiden dari Ganjar Pranowo.

Hal ini terjadi tidak lain beberapa faktor, mulai dari faktor internal Partai PDIP salah satunya dari Peneliti Indikator Politik Indonesia pada tayangan TV, "Nama Pak Mahfud MD di Jawa Timur memang masuk dalam posisi lima besar sebagai figur yang dianggap pantas sebagai calon wakil presiden oleh publik di Jawa Timur," kata Peneliti Indikator Politik Indonesia Bawono Kumoro dalam tayangan di Metro TV, Rabu, 18 Oktober 2023. 



Tidak hanya itu Opini publik juga bisa berpotensi dalam pergerakan partai PDIP, berikut beberapa data yang telah saya kumpulkan dari 18 September  2023 – 19 Oktober 2023 dari tweet para netizen yang beberapa kali mencuatkan tentang Partai PDIP. Dibawah ini merupakan visualisasi kata yang paling banyak diucapkan.



 

Data diatas menindikasikan bahwa PDIP sangat sering disebut, tentunya tidak lain bukan hanya dari partai tapi orang didalamnya. Beberapa ratus kali Mulai Gibran, Ganjar, Mahfud disini cukup sering sehingga sangat berpotensi mengundang opini publik dalam berpendapat tentang mereka. Terbukti pada tanggal 18 Oktober 2023 menjadi trending topik yang telah dicuat oleh kurang lebih 20rb tweet dalam rentang waktu dekat.

 




Setelah data dianalisis, saya mencoba untuk membuat Peta SNA berasarkan banyak argumentasi yang dikeluarkan oleh netizen. Dari data diatas menunjukkan bahwa Ganjar, Mahfud, Gibran memilki tingkat potensi yang sangat besar dan berkaitan dengan kandidat lain. Bahkan dibawah ini juga ada node yang besinggungan dengan kandidat seperti prabowo, tidak heran opini publik juga mengkaitkan dengan yang lain karena saking hangatnya topik ini.

 

 


Data diatas merupakan top 20 cuatan tentang PDIP di twitter pada rentang waktu yang telah saya sebutkan diatas, terlebih pada akun @BosPurwa menjadi top 1 cuatan yang paling banyak di balas, di like, dan  di tweet. Dia mengatakan seolah mendukung PDIP tetapi banyak netizen yang berinteraksi dengan cuatan tersebut.

Fahmi
Informatics engineering students, sharing knowledge, coding, blogging
Newest Older

Related Posts

Post a Comment